Komparasi Hasil Belajar Materi Fluida Statis Melalui Penerapan Model Pembelajaran TPS Dan TPSQ Berbasis Advance Organizer Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Banda Aceh

Cut Rizki Mustika, Abdul Gani, Muhammad Syukri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share dan think pair square berbasis strategi advance organizer pada konsep fluida statis serta mengetahui pengaruh strategi advance organizer terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling, yaitu peserta didik kelas XI MIA2 dan kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen 1 dan 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar sebanyak 10 soal berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji statistik data posttest untuk kelas eksperimen 1 dan 2 secara berturut diperoleh thitung = 0,29 dengan ttabel = 2,002, sehingga hipotesi Ho diterima dan disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep fisika peserta didik  kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran TPS dan TPSQ berbasis advance organizer.


Keywords


Hasil belajar; think pair share; think pair square; advance organizer

Full Text:

PDF

References


Bulkis, Tawil, M., & Azis, A. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Marang Kabupaten Pangkep. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10(3): 314-323.

Isharyadi, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Think Pair Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII 10 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research, 4(1): 71-78.

Januartini, D.P., Agustini, K., & Sindu, P.G.I. 2016. Studi Komparatif Model Pembelajaran Think Pair Square dan Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mapel TIK Kelas X SMA N 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2): 148-160.

Kagan, S. 2000. Cooperative Learning: Resource for Teachers, Inc.1(800). Jakarta: Wee Coop.

Karyawati, N.K., Murda, I.N., & Widiana, I.W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 34-42.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mardhiah, A. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom. Lantanida Journal, 4(2): 136-140.

Milis, N. 2009. Perkembangan Motorik. Jakarta.

Nata, A. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ni, L.B. 2016. Advance Organizer: Cognitive Instructional Strategy. International Juornal of Computer Networks and Wireless Communication, 6(12): 53-57.

Nur. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Nwaubani, O.O., Ogbueghu, S.N., & Adeniyi, K.D. 2016. Effect of Think Pair Share and Student Teams Achievement Divisions Instructional Strategies on Senior Secondary School Student’s Achievement in Economics. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 10(13): 1-9.

Sribina, N. 2016. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Menggunakan Autograph dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Tanpa Autograph. Jurnal Ilmiah, 2(1): 43-58.

Sumaryati, E. & Sumarmo, U. 2013. Pendekatan Induktif Deduktif Disertai Strategi Think Pair Square Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1): 26-42.

Sunhaji. 2008. Strategi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 13(3): 1-13.

Surayya, L., Subagia, I.W., & Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-11.

Tresnayanti, N.M.D., Lasmawan, I.W., & Marhaeni, A.A. 2013. Pengaruh Model Think Pair Square Terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3: 81-88.

Uzzaman, T., Choudhary, F.R, & Qamar, A.M. 2015. Advance Organizer Help to Enhance Learning and Retention. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(3): 45-53.

Wara, M., Rizal, Y., & Nilawasti. 2012. Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Square Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 35-38.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.11641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.