Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Peningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN di Wilayah Barat Kabupaten Bireuen

Desita Yurizki, Murniati Murniati, Syahrun Nur

Abstract


Di dunia pendidikan, guru profesional menjadi faktor utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Begitu penting peran guru dalam proses pendidikan, maka seorang guru dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuannya. Namun kenyataan masih banyak ditemukan guru yang kurang berkompeten khususnya pada kompetensi pedagogik dan profesional. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam peningkatan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru tergolong baik, terlihat dari sikap guru dalam menghadapi peserta didik, pelaksanaan pembelajaran yang berpedoman pada RPP, pengelolaan kelas dan melakukan evaluasi setiap habis pokok pembahasan. Pada kompetensi profesional, guru terlihat menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi dan memahami materi ajar. Namun ada beberapa materi yang masih perlu dipelajari seperti teori kinetik gas, hukum termodinamika dan inti atom. Selain itu, upaya guru dalam peningkatan hasil belajar peserta didik juga sudah maksimal. Meski masih memiliki kekurangan, namun hal tersebut tidak menjadi alasan bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar, karena hasil belajar tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh kompetensi guru. Ada faktor lain yang mempengaruhi proses pembelajaran seperti minat, tingkat kecerdasan, bakat, motivasi, dan lingkungan peserta didik.


Keywords


Kompetensi pedagogik; profesional dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alade, O.M., & Angela, C.O. 2014. A Comparative Study of Chemistry Students’ Learning Styles Preferences in Selected Public and Private Schools in Lagos Metropolis. Journal of Research & Method in Education, 4(1): 45-53.

Anonim. 2017. Guru Aceh Naik 9 Peringkat. Serambi Indonesia, 20 Juli 2017.

Buaq, E.O. 2016. Studi Tentang Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPK 3 WR. Soepratman 048 Tering. Journal Ilmu Pemerintahan, 4(4): 1831-1840.

Drovnikov, A.S., Nikolaev, E.L., Afanasev, A.S., Ivanov, V.N., Petrova, T.N., Tenyukova, G.G., Maksimova, N.L., & Povshednaya, F.V. 2016. Teachers Professional Competence Assessment Technology In Qualification Improvement Process. International Review of Management and Marketing, 6(1): 111-115.

Falachi, H., Kartana, T.K., & Utami, W.B. 2017. Pengaruh Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2016/2017. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1): 9-15.

Gumarova, Sh., Zubakova, K., Issabaeyva, B., Sayakova, B., & Sabyrbayeva, N. 2016. The Modern Educational Technology in Professional Competence Enhancement of Future Specialists. International Journal of Applied Engineering Research, 11(5): 3038-3041.

Hakim, A. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal of Engineering and Science (IJES), 4(2): 2319-1805.

Ilyas, M. 2013. Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMK Negeri Se-Kota Palopo Berdasarkan Pengalaman Mengajar. Jurnal Dinamika, 4(2): 47-58.

Indra, S. 2016. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di SMK Farmako Medika Plus Caringin-Bogor. Tesis pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Surakarta: Surakarta.

Indrianie, N.S. 2015. Penerapan Model Tutor Sebaya Pada Mata Pelajararn Bahasa Inggris Reported Speech Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1): 126-132.

Jarmita, N. 2015. Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Pionir, 4(2): 1-16.

Kartowagiran, B. 2011. Kinerja Guru Profesional Pasca Sertifikasi. Cakrawala Pendidikan, 30(3): 463-473.

Kiasi, G.A. 2016. An Investigation of Iranian High School English Language Teachers Perceptions of Pedagogical Competence. Iranian Journal of English for Academic Purposes, 5(1): 2476-3187.

Lestari, E. 2016. Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Lama Mengajar Guru Sejarah dengan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa SMA. Edumatica. 2(1): 288-257.

Lisna, A.M. 2013. Pengaruh Komunikasi Guru-Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Taman Mulia. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2): 1-10.

Lonni. 2013. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Mamasa. Jurnal Kependidikan, 14(3): 285-294.

Malik, A. 2014. Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar Pada SMP Negeri 3 Sindue). Jurnal Interaksi, 3(2): 168-173.

Novauli, F. 2015. Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1): 27-63.

Rakib, M. 2016. Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi). Jurnal Administrare, 3(2): 138-148.

Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Auladuna, 2(2): 221-232.

Vecaldo, R.T., & Andres, A.B. 2017. Pedagogical Competence and Academic Performance of Pre-Service Elementary Teachers in Tuguegarao City Philippines. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 5(1): 47-54.

Yusuf & Ruslan. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Biologi Yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 3(1): 306-312.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.11643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Desita Yurizki, Murniati Murniati, Syahrun Nur

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.