Analisis Miskonsepsi Materi Mekanika pada Mahasiswa Calon Guru Melalui Force Concept Inventory dan Certainty of Response Index

Safriana Safriana, Nuraini Fatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada materi mekanika di program studi pendidikan fisika FKIP Unimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Malikussaleh yang telah dan sedang mengambil matakuliah mekanika. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnotis force concept inventory (FCI) berupa soal pilihan ganda yang dikembangkan oleh Herstenes dan disertai dengan certainty of response index (CRI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk konsep mekanika terjadi tingkat miskonsepsi yang tinggi pada mahasiswa calon guru. Tingkat miskonsepsi tertinggi terjadi pada materi mekanika yaitu tentang kerangka acuan berpusat diri sendiri (97,43%), benda berat jatuh lebih cepat dibandingkan dengan benda yang lebih ringan (89,30%), massa benda dapat menyebabkan benda berhenti bergerak (80,44%), gerakan benda merupakan representasi gaya yang bekerja pada benda (70,45%) dan sumber gaya yang bekerja pada benda hanya berasal dari pukulan (63,34%).


Keywords


Miskonsepsi; force concept inventory; certainty of response index

Full Text:

PDF

References


Hakim, A., Liliasari, & Kadarohman, A. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences, 4(3): 544-553.

Halim, L., Yong, T.K., & Meerah, T.S.M. 2014. Overcoming Students’ Misconceptions on Forces in Equilibrium: An Action Research Study. Creative Education, 5(11): 1032-1042.

Haris, V. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Mekanika Dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Ta’dib, 16(1): 77-86.

Hestenes, D., Wells, M., & Swackhamer, G. 1992. Force concept inventory. The Physics Teacher, 30(3): 141-158.

Hestenes, D., & Halloun, I. 1995. Interpreting the force concept inventory: A response to March 1995 critique by Huffman and Heller. The Physics Teacher, 33(8): 502-502.

Hockicko, P. & Tiili, J. 2015. Comparison of the Entering Students’ FCI Results – Tampere UAS. 43rd Annual SEFI Conference. Orléans, France, 29 June- 2 July 2015.

Lona, D., Kamaluddin, & Fihrin. 2013. Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas XA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1): 22-27.

Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Ozkan, G. & Selcuk, G.S. 2012. How Effective is Conceptual Change Approach In The Teaching Physics. Journal of Education and Instructional Studies in the World. 2(2): 182-190.

Suana, W. 2014. Mengungkap Miskonsepsi Mekanika Mahasiswa Calon Guru Fisika Semester Akhir pada Salah Satu Di Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1): 1-8.

Suastika, Jhoni, T.H., & Utami. T. 2015. Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa tentang Matriks Menggunakan Certainty of Response Index. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 4: 216-220.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Fisika. Jakarta: Grasindo.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syuhendri. 2014. Konsepsi Alternatif Mahasiswa pada Ranah Mekanika: Analisis untuk Konsep Impetus dan Kecepatan Benda Jatuh. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1): 56-68.

Tayubi, Y.R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Indeks). Mimbar Pendidikan, 3(24): 4-9.

Winkel, W. S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media abadi.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.11897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.