Pengaruh Kesiapan terhadap Pemanfaatan Laboratorium Pada Pelaksanaan Praktikum Kimia di SMA se Kota Langsa

Mauliza Mauliza, Nurhafidhah Nurhafidhah

Abstract


P

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kesiapan laboratorium terhadap pemanfaatan laboratorium pada pelaksanaan praktikum kimia, 2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan laboratorium pada pelaksanaan praktikum kimia di SMA se kota Langsa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan korelasi kesiapan laboratorium terhadap pemanfaatan laboratorium pada pelaksanaan praktikum kimia adalah 0,44 atau 44%. Pengaruh kesiapan laboratorium terhadap pemanfaatan laboratorium pada pelaksanaan praktikum kimia dapat diketahui melalui persamaan regresi: Y = 0,4176 (X) + 52,839. Kendala utama yang dihadapi guru dalam memanfaatkan laboratorium pada pelaksanaan praktikum kimia di SMA se kota Langsa adalah ketersediaan bahan kimia dan waktu mempersiapkan alat dan bahan praktikum. Selain itu, guru bidang studi membutuhkan pelatihan mengenai pengelolaan dan manajemen laboratorium yang baik sehingga meningkatkan motivasi pemanfaatannya.


Keywords


Kesiapan laboratorium; pemanfaatan laboratorium dan praktikum kimia

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darsana, I.W., Sadia, I.W., dan Tika, I.N. 2014. Analisis Standar Kebutuhan Laboratorium Kimia dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada SMA Negeri di Kabupaten Bangli. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 1(4): 1-10.

Emda, A. 2017. Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah, Lantanida Journal, 5(1): 83-92.

Hamidu, M.Y., Ibrahim A.I., & Mohammed, A. 2014. The Use of Laboratory Method in Teaching Secondary School Students: a key to Improving the Quality of Education. International Journal of Scientific & Engineering Research, 5(9): 81-86.

Hera, R. 2017. Studi Kasus Pengelolaan Laboratorium SMA Lab School Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Bionatural, 4(1): 34-45.

Marlina, L. 2016. Manajemen Laboratorium Kimia. Manajer Pendidikan. 10(4): 374-380.

Munarti & Sutjihati, S. 2018. Standar Sarana Prasarana Laboratorium IPA Sekolah Menengah Atas di Wilayah Bogor. Pedagonal, 2(1): 56-62.

Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kebidanan, Cetakan III, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, D., Adlim, & Mustanir. 2015. Analisis Kendala dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2): 01-13.

Rosa, N.M. & Nursa’adah, F.T. 2017. Kontribusi Laboratorium Kimia dan Sikap Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Formatif, 7(3): 198-206.

Seery, M.K., Agustian, H.Y., Doidge, E.D., Kucharski, M.M., O’Connor, H.M., & Price, A. 2017. Developing Laboratory Skills by Incorporating Peer-Review and Digital Badges. Chemistry Education Research and Practice, 18(3), 403-419.

Simatupang, A.C., & Sitompul, A.F. (2018). Analisis Sarana dan Prasarana Laboratorium Biologi dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2): 78-84.

Wiratma, G.L., & Subagia, I.W. 2014. Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti), Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2): 425-436.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.