Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung

Asif Alexander, Hanum Mukti Rahayu, Arif Didik Kurniawan

Abstract


Pembuktian oksigen sebagai hasil reaksi terang fotosintesis dapat diamati melalui metode praktikum di laboraturium. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi dan siswa kelas XII IPA SMAN 1 Hulu Gurung diketahui bahwa guru menggunakan penuntun praktikum yang terdapat di dalam buku paket. Penuntun praktikum ini hanya menampilkan sedikit gambar pada cara kerja sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami cara kerja dan menggunakan alat praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum fotosintesis berbasis audio visual yang lanyak digunakan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan penuntun praktikum fotosintesis berbasis audiovisual ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4-D, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran, tetapi tahap penyebaran tidak dilakukan. Hasil peneltian menunjukkan kevalidan pada aspek bahasa sebesar 83,33% (sangat valid), aspek materi sebesar 84,03% (sangat valid) dan aspek kegrafikan sebesar 84,72% (sangat valid). Berdasarkan uji coba skala kecil dan skala besar, kepraktisan penuntun praktikum fotosintesis berbasis audio visual bernilai posistif. Keefektifan media pembelajaran diperoleh berdasarkan nilai postest. Ketuntasan klasikal sebesar 77,77% yang menunjukkan bahwa penuntun praktikum fotosintesis berbasis audiovisual dinyatakan efektif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum fotosintesis berbasis audio visual yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid, praktis dan efektif. 


Keywords


audio visual; fotosintesis; penuntun praktikum

Full Text:

PDF

References


Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S.D. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Bebrbasis Guided Inquiry Untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Radiasi. 5(1): 24-24.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsuadi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 3(3): 237-242.

Asmara, A.P. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah di Daktika. 15(2): 156-178.

Budiarti, W. & Oka, A.A. 2014. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bioedukasi. 5(2): 121-130.

Bintiningtiyas, N & Lutfi, A. 2016. Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Unesa Journal of Chemical Education. 5(2): 135-141.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Djelita, R.D.P. 2011. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 5: 1-8.

Erniwati, Rosliana, E., & Sitti, R. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA-Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Perubahan. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika. 10(3): 266-273.

Indriani, R.W. & Masriyah. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegipanjang dan Persegi Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(5): 100-108.

Izhar. 2016. Skenario Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan dalam Mengembangkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Memulai Pemanfaatan Media Kartu Bergambar. Jurnal Pesona. 2(1): 85-96.

Nanang. 2015. Penerapan Model PQ4R dalam Pembelajaran Matematika dapat Meningkatkan Kemampuan Procedural Fluency Siswa. Jurnal Review Pendidikan Islam. 2(1): 42-59.

Nisa, C., & Widodo, W. 2013. Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran membuat aneka lipatan serbet (napking folding). Jurnal Poga. 2(1): 29-32.

Nurussaniah & Nurhayati. 2016. Pengembangan penuntun praktikum fisika dasar berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 5: 63-68.

Novana, T., Sajidan, & Maridi. 2014. Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Dan Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Jurnal Inkuiri. 3(1): 108-122.

Okryreza, A., Meitiandari, M., & Luqman, B. 2013. Peningkatan Karbon Dioksida dengan Mikroalga (Chlorella vulgaris, chlamydomonas sp., spirullina sp.) dalam Upaya Meningkatkan Kemurnian Biogas. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri. 2(4): 212-216.

Prayitno, T. A. 2017. Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota. 3(1): 31-37.

Peratiwi, N. K. A., Redhana, W. I., & Maryam, S. 2014. Buku pedoman praktikum kimia ramah lingkungan untuk pembelajaran kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 66-75.

Purwono, J., Yutmini, S., & Atinah, S. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2): 127-144.

Purba, F. J., Muchtar, Z., & Silaban, R. 2014. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Sesuai Model Pembelajaran Penemuan dan Berbasis Proyek. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 21(1): 21-28.

Purnamasari, S., & Surtikanti, H.K. 2015. Pengembangan Praktikum IPA Terpadu pada Tema Kesehatan Kulit. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 8-9 Juni Bandung.

Syahrudin, Arisanty, D., & Hastuti, K.P. 2015. Hubungan Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi dalam Proses Pembelajaran Dengan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Korpri Bajarmasin. Jurnal Pendidikan Geografi. 2(1):13-28.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisheds.

Wicaksono, D.P., Kusmayadi, T.A., & Usodo, B. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(5): 534-549.

Yuliantini, Muldayanti, N.D., & Qurbaniah, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Musik Video Sains pada Materi Sel Kelas XII SMAN 5 Pontianak. Jurnal Bioeducation. 4(1): 30-38.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asif Alexander, Hanum Mukti Rahayu, Arif Didik Kurniawan

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.