Pengembangan Hand-Out Konsep Larutan Berintegrasi Nilai Religi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sma Pada Pondok Pesantren Terpadu

Sulastri Sulastri, Muhammad Nazar, Dessi Nur Adiska

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengembangan hand-out materi larutan berintegrasi nilai religi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan hand-out konsep larutan berintegrasi nilai religi, mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap hand-out, mengetahui kualitas hand-out berdasarkan penilaian para ahli. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba dilakukan di SMA Muta’allimin Aceh Besar dengan melibatkan 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa secara keseluruhan sebelum penggunaan hand-out rata-rata sebesar 60,48% setelah penggunaan hand-out meningkat menjadi 69,59%.  Hasil minat siswa per indikator diperoleh bahwa rasa senang sebelum penggunaan hand-out sebesar 63,59 setelah penggunaan hand-out sebesar 71,79%. Indikator perhatian sebelum penggunaan hand-out sebesar 65,19% setelah penggunaan hand-out sebesar 75,56%. Indikator keterlibatan sebelum penggunaan hand-out sebesar 73,33% setelah penggunaan hand-out sebesar 78,10%. Indikator ketertarikan sebelum penggunaan hand-out sebesar 41,48% setelah penggunaan hand-out sebesar 54,07%. Nilai N-Gain yang diperoleh dari indikator rasa senang sebesar 22,52%, indikator perhatian sebesar 29,79%, indikator keterlibatan sebesar 17,89 dan indikator ketertarikan sebesar 21,51%. Indikator perhatian tergolong kategori sedang, sedangkan indikator rasa senang, keterlibatan dan ketertarikan tergolong kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan minat siswa meningkat setelah penggunaan hand-out berintegrasi nilai religi.


Keywords


Hand-out; konsep larutan; minat belajar; nilai religi

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Nugroho, A., & Mulyani, S. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Hand-out untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4): 69-70.

Hasbulloh. (2011). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali press .

Hera, R., Khairil., & Hasanuddin. 2014. Pengembangan Hand-out Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2): 187-250

Muliawati, D. I., Saputro, S., & Raharjo, S. B. 2016. Pengembangan Hand-out Berbasis Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Jurnal Inkuiri, 5(1): 37-44.

Salfrika, T., & Adlim. 2016. Pengembangan Hand-out Berbasis Kontekstual pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi untuk SMA/MA Kelas XI IPA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(3): 17-26.

Solikah, S., Ariani, S. R. D., & Sukardjo, Js. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dilengkapi Media Hand-out untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Siswa pada Pokok Bahasan Minyak Bumi Kelas X.7 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. 3(3): 28.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutaryono, S. R., Mulyani, S., & Ariani, S. R. D. 2014. Pembelajaran Kimia dengan Metode Talking Stick Berbantuan Media Flash Dilengkapi Hand-out untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Materi Pokok Ikatan Kimia Siswa Kelas X. 4 SMA Negeri 1 Dayeuhluhur Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3): 127.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.