Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik

Putri Dahliana, Ibnu Khaldun, Saminan Saminan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang. Ketidakmampuan peserta didik memahami konsep fisika dengan baik dipengaruhi oleh lemahnya kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain jenis pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini peserta didik kelas XIMIA2(kelompok eksperimen) dan XIMIA3(kelompok kontrol) di MAN Rukoh Banda Aceh pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan mengambil dua kelas secara sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen, pengumpulan data menggunakan instruments soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang diajarkan dengan penerapan model guided discovery lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penerapan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Keywords


guided discovery; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


BSNP.2012. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

______. 2013. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan

______. 2014. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan

Ennis, R.H. 2013. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities.(http://faculty.ed.uiuc.edu/rhennis/document/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf, 12 September 2013).

Firdani, A.I. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berorientasi Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2): 262-271.

Hamalik, O. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hai-Jew, S. 2008. Scaffolding Discovery Learning Spaces. Journal of Online Learning and Teaching (MERLOT), 4(4).

Haris, F., Rinanto, Y, & Fatmawati, U. 2014. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Negeri Karangpandan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2): 114-122.

Kuswanto. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Marantika, A.,Handayani, T.,&Putri, A.D. 2015. Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Pelita Palembang.Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2):161-183

Mustafa, A.N. 2014.Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Self-Efficacy dalam Pembelajaran Matematika Melalui Discovery Learning.Tesis. Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pardede, E., Motlan, &Suyanti, R.D. 2016.Efek Model Pembelajaran Guided DiscoveryBerbasis Kolaborasi dengan Media Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika Siswa SMA.Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1):12-17.

Purnomo, H.Y. 2016. Penerapan Model Guided Discovery Learning Pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Vii Smpn 13 Prafi Manokwari Papua Barat. UNIPA Pendidikan Fisiska, 5(2):1-14.

Purwanto, E.C.2012.Penerapan Model Pembelajaran MateriP emantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis.Unnes Physics Education Journal.UPEJ 1 (1) (2012).

Redhana, I. W. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 36 (2).

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, B. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2(1): 1-4.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widura, S. H. 2015.Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SiswaKelas X Sma Negeri 8. Bio-Pedagogi, 4(2):25 – 30.

Widodo, Windarti, & Tjandrakirana. 2013. MelatihKeterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) PadaSiswaSMP. P endidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 3(1): 274-281.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.