Pengembangan dan Implementasi Modul Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan KPS Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Febdi Candra Kirana, A Halim, Adi Rahwanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas implementasi modul fisika berbasis pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi alat-alat optik di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design, desain penelitian ini hanya menggunakan  satu kelompoks aja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan implementasi dengan menggunakan model ADDIE. Pembelajaran melalui implementasi modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi alat-alat optik efektif meningkatkan keterampilan proses sains. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata skor keterampilan proses sebelum diberikan perlakuan sebesar 46,09%, dan setelah diberikan perlakuan didapatkan sebesar 76,74%.


Full Text:

PDF

References


Ariesta, S. 2015. Pengemabangan Modul STEM Terintegrasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2): 46-53.

Ayuningtyas, P. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis, (Online), Volume 4, No 2, (https://jurnal.uns.ac.id., diakses 29 Juli 2017).

Faizi, M. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Friska, O.R. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains, Volume 3, No 1, (https://www.researchgate.net., diakses 29 Juli 2017)

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jack, G.U. 2013. The Influence of Identified Student and School Variables Student’ Science Process Skill Acquisition. Journal of Education and Practice, 4(5): 16-22.

Nuraini, N. 2017. Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) Disertasi Roundhouse Diagram Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses sains dan Kemampuan menjelaskan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta.

Ratih, A.A., Nonoh, S.A., & Sukarmin. 2017. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Empat Pilar Pendidikan dengan Tema Pantai Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 5(2): 74-83.

Somayana, W. 2017. Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Ganesa, 3(1): 37-45.

Sujanem, R. 2017. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis WEB untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(2): 55-63.

Susilawati. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X, (Online), Volume 4, No 2, diakses 28 Juli 2018.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran InovatifKontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wiyani, N.A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.