Pengembangan Media Praktikum Virtual Analisis Logam Besi Secara Spektrofotometri UV-Vis Berbasis Microsoft Excel Sebagai Media Alternatif pada Praktikum Analisa Instrumen dan Pemisahan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraini, L. M., Wirawan, R., & Qomariyah, N. 2019. Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Fisika Sma Se-Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Warta Desa, 1(2): 223-230.
Anjarsari, N., & Sugiarso, D. 2016. Analisa gangguan ion merkuri (II) terhadap kompleks besi (II)-fenantrolin menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis. Jurnal Sains dan Seni ITS, 4(2): 139-142.
Aprilia, I. H. N., Santoso P.I., & Ferdiana, R. 2015. Pengujian Usability Website menggunakan System Usability Scale. IPTEK-COM, 17(1): 31-38.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, I. A., & Bhakti, Y. B. 2018. Interactive Learning Mutimedia Based Microsoft Excel On The Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1): 2-6.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. 2009. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 4(3): 114-123.
Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2): 351-359.
Dianawati, S dan Sugiarso, R.D.S. 2013. Studi Gangguan Ag(I) dalam Analisa Besi dengan Pengompleks 1,10-Fenantrolin pada pH 4,5 secara Spektrofotometri UV-Vis, Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(2): 29-33.
Elfariyanti, E., Sari, S. A., & Khaldun, I. 2016. Efektifitasmedia Simulasi Komputer Berbasis Microsoft Excel Terhadap Peningkatkan Pemahaman Konsep Dankemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1): 235-244.
Herga, N. R., Čagran, B., & Dinevski, D. 2016. Virtual laboratory in the role of dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3): 593-608.
Hidayah, R., & Maharani, D. K. 2018. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Anorganik yang disertai dengan Material Safety Data Sheet. Jurnal Pembelajaran Kimia, 3(1): 13-21.
Martiningsih, R. R. 2015. Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Kwangsan, 3(2): 108-120.
Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. 2015. The development of online project based collaborative learning using ADDIE model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195: 1803-1812.
Padmanaba, I. K. G., Kirna, I. M., & Sudria, I. N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1): 15-24.
Rachmasari, R.A., dan Sugiarso, R.D.S. 2017, Analisis Pengaruh Ion Cd(II) Pada Penentuan Ion Fe(II) dengan Pengompleks 1,10-Fenantrolin Menggunakan Spektrofotomete UV-Vis, Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(1): 5-10.
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. 2019. Developing Interactive Learning Media for School Level Mathematics through Open-Ended Approach Aided by Visual Basic Application for Excel. Journal on Mathematics Education, 10(1): 59-68.
Rokhim, D.A., Asrori M.R., & Widarti, H.R. 2020. Pengembangan Virtual Laboratory pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2): 216-226.
Santika, S., Nugraha, D.A., & Solihat, A.N. 2019. Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Masalah dengan Bantuan Microsoft Excel pada Mata Kuliah Komputer. Jurnal Teorema: Teorema dan Riset Matematika, 4(1): 22-30.
Sari, N., & Sugiarso, R.D.S. 2015. Studi Gangguan Mg (II) Dalam Analisa Besi (II) Dengan Pengompleks O-fenantrolin Menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Jurnal Sains Dan Seni Its, 3(1): 8-12.
Sauro, J., & Lewis, J. R. 2012. Quantifying the User Experience Practical Statistic for User Research. USA: Elsevier Inc.
Septhiani, S., Mujamil, J., & Ibrahim, R. 2017. Pengaruh penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap hasil belajar kimia pada materi minyak bumi di kelas X SMA N 1 Indralaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1): 36-42.
Stanhope, D. S. & Corn, J. O. 2014. Acquiring teacher commitment to 1:1 initiatives: the role of the technology facilitator. Journal of Research on Technology in Education, 46(3): 252–276. https://doi.org/10.1080/15391523.2014.888271
Wang, S., dan Sugiarso, R.D.S. 2015. Studi Gangguan Cu2+ pada Analisa Besi(III) dengan Pengompleks 1,10-Fenantrolin pada pH 3,5 secara SpektrofotomeTRI UV-Vis, Jurnal Sains dan Seni ITS, 4(2): 100-104.
https://indonesian.alibaba.com/product-detail/portable-uv-visible-konica-minolta-spectrophotometer-60408695918.html
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i3.24063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ibnu Khaldun, M. Nasir, Zaskhia Maulida
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Email : jpsi@unsyiah.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.