PENGEMBANGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DENGAN POLA KELOMPOK REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMPN 2 SAKTI KABUPATEN PIDIE

Bustami Bustami, Yusriza Yusriza, Adlim Adlim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar (mastery learning) dengan pola kelompok remedial dan motivasi belajar siswa dengan pola kelompok remedial. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian quasi eksperiment dengan pola counter group design, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui pendekatan model pembelajaran tuntas dengan pola kelompok remedial (variabel bebas) terhadap ketuntasan belajarsiswa dan pengaruh terhadap motivasi siswa, dalam penelitian ini melibatkan empat kelas yang dilaksanakan di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Pengumpulan data dilakukan dengan dua instrumen; 1) Tes untuk melihat tingkat ketuntasan belajar; 2) Angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan signifikan ketuntasan belajar siswa dengan pola TTT-PK dibandingkan pola TTT-TPK, TT-PK dan TT-TPK; 2) Motivasi belajar siswa pada semua kelas sama biarpun belajar dengan pola yang berbeda.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.