PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

Syarifah Lely Fithriani, Abdul Halim, Ibnu Khaldun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pokok bahasan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen research dengan desain non-equivalent control group design dimana dalam rancangan ini dilibatkan dua kelas yang dibandingkan, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling (sampel acak kelompok). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA1 dan X-MIA3 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 22 orang SMA N 12 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda beralasan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, tes keterampilan berpikir kritis ini diberikan sebanyak dua kali pada saat pretest sebelum pemebelajaran dan posttest setelah pembelajaran Setelah diberikan perlakuan dengan simulasi PhET ,hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Setelah penggunaan simulasi PhET melalui pendekatan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berfikir kritis sebesar 76%, terlihat dari setiap indikator dan butir soal keterampilan berpikir kritis dengan proses pembelajaran 4 x perlakuan, (2) Uji-t  untuk keterampilan berpikir kritis N-Gain diperoleh thitung > ttabel (2,87 > 2,018) dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media simulasi PhET.

Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis, media Simulasi PhET, kalor

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.