PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

Surya Hafnidar, Abdul Gani, Zulkarnain Jalil

Abstract


Penelitian penerapan pembelajaran kontekstual pada materi sifat-sifat cahaya telah dilakukan di SMP Negeri I Meulaboh, Aceh Barat menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest dan posttest group. Teknik pengambilan sampel secara purposif dengan membandingkan nilai rata-rata tiap kelas pada mata pelajaran sains. Dua kelas yang memiliki nilai yang sama dipilih sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data kemampuan berpikir logis (KBL) dan pemahaman peserta didik dilakukan melalui pretest dan posttest. Data KBL juga diperoleh dari lembar observasi dalam PBM sains. Uji data pretest KBL dan pemahaman kedua kelas menunjukkan bahwa salah satu data tidak berdistribusi normal, sehingga dipergunakan uji Mann-Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. N-gain rata-rata KBL untuk kedua kelas berkategori tinggi dan uji hipotesis diperoleh z-hitung>z-tabel (2,87 > 2,58) yang artinya pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan KBL secara lebih baik. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata KBL pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. N-gain rata-rata pemahaman untuk kedua kelas berkategori sedang dan uji hipotesis menunjukkan z-hitung>z-tabel (2,92>2,33) yang artinya pembelajaran konstekstual meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik secara lebih baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual secara signifikan dapat meningkatkan KBL dan pemahaman peserta didik secara lebih baik pada materi sifat-sifat cahaya

Keywords


pembelajaran kontesktual, kemampuan berpikir logis, pemahaman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.