PENGARUH PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI KEMAGNETAN

Novi Maulidar, Yusrizal Yusrizal, Abdul Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa pada pelajaran fisika konsep kemagnetan  dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan control group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara  random sampling. Pengelompokan sampel terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas IX-7 sebagai kelas kontrol dan kelas IX-5 sebagai kelas eksperimen pada sekolah SMP Negeri 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 33 soal pretes dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perbedaan peningkatan rata-rata pemahaman konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajarn guided discovery mengalami peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan berfikir kritis yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Keywords


Pembelajarn guided discovery, pembelajaran konvensional, kemagnetan, pemahaman konsep, Keterampilan berfikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.