IMPLEMENTASI PRAKTIKUM BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN I UNGGUL DARUL IMARAH

Villa Afria Sari, Adlim Adlim, Mustanir Mustanir

Abstract


Rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam disebabkan oleh sulitnya peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar, hasil belajar, dan memperoleh gambaran tanggapan peserta didik terhadap  penerapan praktikum berbasis proyek. Instrumen penelitian  divalidasi oleh para pakar dan diuji cobakan pada peserta didik. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Unggul Darul Imarah dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan dalam penelitian ini nonquivalent control group designPengumpulan data dilakukan dengan pretes, postes, angket motivasi dan angket tanggapan peserta didik. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil ujit N-gain hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (3,7 >2,074) yang artinya terjadi perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Motivasi belajar peserta didik juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas  yaitu berdasarkan perolehan hasil uji t N-gain motivasi belajar, dimana thitung>ttabel (4,39 > 2,074). Peserta didik juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan praktikum berbasis proyek, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan praktikum berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik.

Keywords


Praktikum berbasis proyek, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.