MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU ICT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Kasmadi Kasmadi, Abdul Gani, Yusrizal Yusrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep larutan penyangga siswa SMAN 1 Glumpang Baro dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantu ICT. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa SMAN 1 Glumpang Baro pada materi larutan penyangga dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantu ICT. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Glumpang  Baro dengan sampel penelitian terdiri atas dua kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara. Pengolahan data menggunakan rumus N-gain, danpersentase. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran learning cycle 7E berbantu ICT dapat meningkatkan penguasaan konsep larutan penyangga siswa SMAN 1 Glumpang Baro. Nilai rata-rata peningkatan dari 21,25 sebelum pembelajaran menjadi 61,88 setelah pembelajaran. Peningkatan pada kategori sedang (N-gain = 52,55). Model pembelajaran learning cycle7E berbantu ICT dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMAN 1 Glumpang Baro pada materi larutan penyangga. Nilai rata-rata peningkatan dari 21,25 sebelum pembelajaran menjadi 76,25 setelah pembelajaran. Peningkatan pada kategori sedang (N-gain = 67,44).

Keywords


penguasaan konsep, berpikir kritis, learning cycle

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.