PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP SIKAP SISWA PADA PELAJARAN KIMIA DAN MINAT BERWIRAUSAHA

Rahmawanna Rahmawanna, Adlim Adlim, Abdul Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap siswa terhadap pelajaran kimia dan minat berwirausaha siswa, serta untuk menilai kualitas dari kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan CEP. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental design  melalui one group pretest-posttest design, yang dilaksanakan pada kelas XI IPA salah satu SMA Negeri di Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah  26 siswa. Analisis data angket sebelum dan sesudah pembelajaran dengan pendekatan CEP dilakukan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelajaran kimia dan minat berwirausaha siswa. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon melalui Software SPSS versi 19 dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hasil uji hipotesis sikap siswa terhadap pelajaran kimia  memberikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sikap siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil uji hipotesis minat wirausaha siswa memberikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaaan yang signifikan minat wirausaha siswa sebelum dan sedudah pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan CEP dapat meningkatkan sikap positif siswa tehadap pelajaran kimia dan meningkatkan minat wirausaha siswa.


Keywords


Chemo-Entrepreneurship (CEP), sikap, dan minat wirausaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.