PENERAPAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP PADA KONSEP TEKANAN

Abu Bakar, Abdul Halim, Mursal Mursal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa kelas VIII MTsN Matangglumpangdua pada pokok bahasan tekanan melalui penerapan pendekatan keterampilan proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-3 MTsN Matangglumpangdua yang berjumlah 40 orang. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa nilai pretes dan nilai postes, dan dianalisis dengan menggunakan rumus  N-gain dan statistik uji-t.  berdasarkan rata-rata N-Gain, peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa adalah 0,17 dan 0,27 yang dikelompokkan dalam kategori rendah. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung untuk Keterampilan Proses Sains sebesar 6,19 sedangkan ttabel sebesar 2,68. Untuk penguasaan konsep siswa diperoleh t hitung sebesar 7,90 dan ttabel sebesar 2,68. Jadi nilai t hitung > t tabel, dengan demikian ditolak Ho dan diterima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada pokok bahasan tekanan

Keywords


pendekatan keterampilan proses, keterampilan proses sains, penguasaan konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View JPSI Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.