PENERAPAN STRATEGI MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI LISTRIK STATIS PADA SISWA SMA N 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR

Ismail Ismail, Abdul Gani, Syahrun Nur

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi listrik statis setelah siswa belajar melalui penerapan strategi mastery learning. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desainĀ  pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas XII-IA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IA4 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing jumlah sampel adalah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 options yang telah dinyatakan valid dengan uji persyaratan instrumen. Instrumen penilaian minat belajar siswa menggunakan lembar angket untuk melihat minat belajar siswa pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil isian angket terhadap minat belajar diperoleh siswa mempunyai minat belajar yang tinggi mendapatkan hasil belajar yang tinggi dengan diterapkan strategi mastery learning. Dari hasil uji kolmogorov-smirnov dengan menggunakan SPSS 17 diperoleh bahwa kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh nilai signifikan 0,404 sehingga thitung < ttabel maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan berbeda pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82,50 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 76,67. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,126 >2,018 pada taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akibat pengaruh strategi pembelajaran mastery learning pada materi listrik statis di kelas XII IPA SMA N 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar.


Keywords


Mastery Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View JPSI Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.