DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MEMINIMALKAN KUANTITAS MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS

Muhammad Azzarkasyi, Abdul Halim, Suhrawardi Ilyas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak media PhET simulasi untuk meminimalkan kuantitas miskonsepsi pada materi listik dinamis siswa SMAN 5 Banda Aceh.  Penelitian ini menggunakan  desain  pre-experimental  design  dengan  bentuk  one  group  pretest-posttest design.  Sampel  yang  digunakan  adalah  kelas  XII-IA4 dan kelas XII-IA5  yang  berjumlah  46  siswa. Soal  pretest  dan  posttest yang dilengkapi dengan kolom  Certainty of Response Index  (CRI) dan alasan untuk  membedakan siswa yang tidak tahu konsep (LK), tahu konsep (KCC), menebak (LG), miskonsepsi (MK), dan jawaban tidak konfiden (NC). Hasil pretes menunjukkan bahwa 25,95 % siswa tidak tahu konsep (LK), 20,79% siswa tahu konsep (KCC), 0,68% siswa menebak (LG), 40,49% siswa yang miskonsepsi (Mis), 12, 11 % siswa tidak konfiden (NC). Setelah pembelajaran dengan simulasi komputer, siswa yang mengalami miskonsepsi (Mis) menurun menjadi 13,04%. Kesimpulan yang diperoleh adalah  pembelajaran dengan menggunakan media simulasi komputer mampu secara signifikan meminimalkan kuantitas siswa pada materi listrik dinamis

Keywords


miskonsepsi, media simulasi PhET, Certainty of Response Index (CRI), listrik dinamis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View JPSI Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.