EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUAL MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Musdar Musdar, Muhammad Hasan, Abdul Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing dengan kegiatan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan ketrampilan berfikir kritis siswa terhadap materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen kontrol dengan desain control Group Pre-test post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-IA yang berjumlah 242 orang.dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI-IA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-IA 6 sebagai kelas control pada sekolah SMAN 4 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal delakukan dengan pre-test dan post-test , lembar kerja siswa dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan untuk 3 sub konsep itu diperoleh hasil secara keseluruhan untuk penguasaan konsep terjadi peningkatakn sebanyak 0,12 (kategori Rendah) sedangkan untuk ketrampilan berfikir kritis diperoleh hasil secara keseluruhan terjadi peningkatan sebesar 0,09 (kategori rendah), sedangkan peningkatan yang paling tinggi pada ketrampilan berfikir kritis itu pada konsep membuat induksi dan mempertimbangkan induksi yaitu sebesar 0,40 (kategori sedang). Dan model inkuiri mendapatkan respon yang positif dari siswa berdasarkan hasil angket respon siswa yang positif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri tebimbing berbasis laboratorium ini terjadi pengaruh walaupun peningkatannya berkategorikan rendah. 


Keywords


Model Inkuiri Terbimbing, Laboratorium Virtual, Ketrampilan Berfikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View JPSI Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.