DAMPAK PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KERJA LABORATORIUM TERHADAP PENGURANGAN MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Qusthalani Qusthalani, Abdul Halim, Ibnu Khaldun

Abstract


Penelitian  ini dilakukan  dengan  tujuan  mengetahui untuk  pengetahuan  awal  dan  profil  miskonsepsi  pada  materi suhu dan panas,  serta  menguji  signifikansi  penggunaan  metode kerja laboratorium  dalam menurunkan miskonsepsi pada materi suhu dan panas kelas X SMAN1 Paya Bakong Aceh Utara.  Penelitian ini menggunakan  desain  pre-experimental  design  dengan  bentuk  one  group  pretest-posttest design.  Sampel  yang  digunakan  adalah  kelas  X -1 dan kelas X-2  yang  berjumlah  50  siswa.  Sebelum  dan sesudah  pelaksanaan  metode kerja laboratorium,  siswa  diberikan  14  soal  pretes  dan  postes yang dilengkapi dengan kolom  Certainty of Response Index  (CRI) untuk  membedakan siswa yang tidak tahu konsep (LC), tahu konsep (KCC), menebak (LG), miskonsepsi (Mis) dan tidak konfiden (NC). Jumlah miskonsepsi tiap  siswa  pada  pretes  dan  postes  dianalisis  menggunakan  persentase  pada  Microsoft  Excel  dan  menghasilkan  perbedaan siswa yang terjadi miskonsepsi dan tidak tahu konsep. Kesimpulan yang diperoleh adalah  metode kerja laboratorium mampu secara signifikan menurunkan miskonsepsi pada materi suhu dan panas.


Keywords


miskonsepsi, metode kerja laboratorium, Certainty of Response Index (CRI)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View JPSI Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.