PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBASIS METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA POKOK BAHAN ASAM BASA

Rahmawati Rahmawati, Yusrizal Yusrizal, Muhammad Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model kooperatif tipe NHT berbasis metode praktikum terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan asam basa.Metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif serta terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap penempatan, tahap memberikan tugas, tahap belajar dalam kelompok dan tahap presentasi kelompok. Penelitian dilaksanakan di kelas XI-iA1dan XI-iA2 di SMAN 12 Banda Aceh pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretes dan postes untuk pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk keterlaksanaan pembelajaran, serta angket guru dan siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kelas eksperimen lebih menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa untuk konsep asam basa dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata N-Gain untuk setiap tingkatan ranah kognitif kelas eksperimen yaitu C1 = 0,72; C2= 0,45; sedangkan untuk kelas kontrol yaitu: C1 = 0,19; C2=0,36;  Rata-rata N-Gain untuk indikator keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen yaitu: pengamatan = 0,61; klasifikasi = 0,68; perencanaan percobaan = 0,48; penggunaan alat dan bahan = 0,60; pertanyaan = 0,40; dan penerapan konsep = 0,60, sedangkan untuk kelas kontrol yaitu: pengamatan = 0,25; klasifikasi = 0,10; perencanaan percobaan = 0,34; penggunaan alat dan bahan = 0,00; pertanyaan = 0,20; dan penerapan konsep = 0,26.

Keywords


kooperatif tipe NHT, metode praktikum,pemahaman konsep, keterampilan proses sains, asam basa basa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.