PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA
Siska Sucirahayu, Abdul Halim, Nasrullah Idris
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas guru, meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model PBL, mengetahui tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dan one-group pretest-posttest design.Sampel penelitian diambil secara acak dari seluruh siswa kelas XI sebanyak 25 orang dari satu kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif, pedoman observasi, angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada saat diterapkan model PBL menunjukkan kategori baik dan sangat baik, penerapan PBLmampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dengan kategori sedang, hampir seluruh siswa memberikan tanggapan positif atau setuju dengan penerapan PBLpada konsep usaha dan energi.
Keywords
problem based learning, berpikir kritis, berpikir kreatif, usaha dan energi