PENGEMBANGAN LKS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 BEUTONG PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Syarifah Rahmiza M, Adlim Adlim, Mursal Mursal

Abstract


Penelitian tentang pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi  dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong Pada Materi Induksi Elektromagnetik telah dilakukan. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan LKS STEM pada materi induksi elektromagnetik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Beutong , semester genap Tahun Ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi awal yaitu mengumpulkan data nilai ujian semester IV siswa, angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses belajar mengajar. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji X2 untuk motivasi menunjukkan X2 hitung (29,2)  X2tabel (7.81) yang berarti dengan menggunakan LKS STEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan untuk aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai 24,9>5,99 yang artinya dengan menggunakan LKS STEM juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Keywords


LKS STEM, motivasi, aktivitas belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View JPSI Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.