PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER BERBASIS SIMULASI PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Syarifah Rita Zahara, Yusrizal Yusrizal, Adi Rahwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis pada pelajaran fisika konsep fluida statis dengan menggunakan media komputer berbasis simulasi PhET dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain kontrol group pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yang memiliki kemampuan yang sama, tanpa mengacak siswa tiap kelasnya. Pengelompokan sampel terdiri dari dua kelas di sekolah MAN Rukoh Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal pretes dan postes. Hasil uji t menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perbedaan peningkatan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang menggunakan simulasi PhET mengalami peningkatan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Keywords


PhET, Pembelajaran konvensional, Hasil Belajar, Keterampilan berfikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.