ANALISIS SOAL-SOAL UJIAN MATERI STOIKIOMETRI SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Eka Sri Wahyuni, Ibnu Khaldun, Sulastri Sulastri

Abstract


Abstrak

Telah dilakukan penelitian untuk mengkaji fenomena distribusi jenjang taksonomi Bloom dan menganalisis kualitas dari butir soal tes materi stoikiometri yang diaplikasikan pada ujian akhir semester genap tahun akademik 2015-2016 oleh guru kimia di kota Banda Aceh. Ada delapan sekolah yang dipilih melalui cluster sample, yaitu SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 10 Fajar Harapan, SMAN 11, SMAN 12, dan SMAN 13 Banda Aceh. Data yang digunakan adalah soal ujian semester genap materi stoikiometri yang dikumpulkan dari sekolah-sekolah tersebut. Data penelitian dikelompokkan berdasarkan jenjang taksonomi, dilanjutkan dengan analisis persentase untuk menentukan distribusi jenjang soal.  Hasil analisis menunjukkan bahwa 62,5% sekolah menggunakan tingkatan C2, C3, dan C4; 25% sekolah menggunakan tingkatan C2 dan C4 saja; dan 12,5% sekolah menggunakan tingkatan C2 dan C3. Hasil analisis kualitas butir soal tes secara kuantitatif diperoleh 20 soal (57,14%) layak untuk diaplikasikan, 4 soal (11,42%) harus diperbaiki dan 11 soal (31,4%) tidak layak diaplikasikan. Hasil uji reliabilitas diperoleh sebesar 0,689, ini berarti bahwa  soal yang diaplikasikan  tidak reliabel. Dapat disimpulkan bahwa distribusi jenjang soal ujian akhir semester untuk materi stoikiometri di Banda Aceh masih bervariasi dan kualitas soal secara kuantitatif masih ada yang belum layak pakai.

Kata kunci:analisis soal, taksonomi Bloom, stoikiometri.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.