DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP

Fanny Fajria, Hafnati Rahmatan, A. Halim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving pada materi indera penglihatan dan alat optik di SMP N 8 dan SMP N 18 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design, dengan menggunakan rancangan pretest-posttes control group desaindan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan April – Mei 2017, penelitian ini dilaksanakan pada 4 kelas yaitu kelas VIII-2 dan VIII-1 sebagai kelas ekperimen, sedangkan kelas VIII-4 dan VIII-3 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal dan angket motivasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji independen sampel t-test pada taraf signifikan 0,05 untuk perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data angket motivasi peserta didik dianalisis dengan statistik deskriptif.Hasil analisis menunjukkan (1) motivasi belajar peserta didik kelas ekperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. (2) hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, terdapat perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran problem solving di SMP N 8 dan SMP N 18 Banda Aceh.

Kata kunci:Problem Solving, Motivasi, Hasil Belajar,Indera Penglihatan&Alat Optik.

                                                                                          


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.