MEMPERSIAPKAN GENERASI PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON BERMUATAN NILAI KARAKTER

Septina Maulia Putri, Sulastri Sulastri, saminan Saminan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik dengan menggunakan modul bermuatan nilai karakter. Penelitian ini menggunakan modul bermuatan nilai karakter pada materi senyawa karbon yang telah dikembangkan dan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji persepsi peserta didik setelah mempelajari modul bermuatan nilai karakter. Instrumen angket persepsi yang digunakan meliputi 10 aspek karakter menurut Lickona diantaranya bijaksana, adil, memiliki daya tahan, memiliki kontrol diri, mencintai, sikap positif, kerja keras, integritas, berterimakasih dan rendah hati. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa hasil rata-rata persepsi peserta didik di SMAN 1, 5, 6 dan 10 Banda Aceh  terhadap modul bermuatan nilai karakter yang dkembangkan adalah sangat baik dengan persentase 85.

Kata kunci: Kesadaran Lingkungan, Modul, Karakter, Kimia Karbon, Persepsi.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.