PENERAPAN PRAKTIKUM DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 LEMBAH SELAWAH

Fathimah Zahrah, A. Halim, M. Hasan

Abstract


Abstrak

 

            Mata pelajaran kimia dapat diajarkan menggunakan metode praktikum. Namun, metode praktikum mempunyai kelemahan sehingga diperlukan suatu model seperti Problem Based Learning (PBL) yang dapat membantu proses analisis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan metode praktikum terhadap peningkatan keterampilan berfikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Control group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian adalah dua kelas siswa kelas XI sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berpikir kritis, tes skala sikap, dan angket respon siswa yang telah divalidasi. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan secara statistik pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada konsep laju reaksi. Terbukti dari nilai rata-rata skor awal siswa kelas eksperimen sebesar 4,50 meningkat menjadi 7,10 pada postes. Peningkatan keterampilan berfikir kritis kelas eksperimen signifikan secara statistik terhadap kelas kontrol. Selanjutnya, skor awal sikap ilmiah kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 57,75 menjadi 72,21 pada postes. Secara statistik sikap ilmiah kelas eksperimen signifikan lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Siswa menunjukkan respon yang positif terhadap model PBL dengan metode praktikum.

 

Kata Kunci: metode praktikum, berpikir kritis, PBL, Laju reaksi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.