HUBUNGAN PERSEPSI, MOTIVASI DAN KONSEP DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM TUNGKOB

Junaidi .

Abstract


Abstrak: Prestasi belajar pendidikan jasmanis dipengaruhi oleh faktor psikologis. Faktor psikologis yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah aspek persepsi, motivasi dan konsep diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterkaitan ketiga variable yang dimasuk. Pendekatan penelitian menggunakan metode korelasional. Dari hasil penelitian, koefisien korelasi persepsi (X1) dengan  prestasi belajar Penjasorkes (Y), sebesar 0,40 dengan rhitung> rtabel (0,40 > 0,349) sehingga terdapat hubungan X1 dengan Y. Koefisien korelasi motivasi (X2) dengan  prestasi belajar Penjasorkes (Y) siswa sebesar 0,41,  dengan rhitung> rtabel (0,41 > 0,349) sehingga terdapat hubungan Xdengan Y. Koefisien korelasi konsep diri (X3) dengan prestasi  belajar  Penjasorkes  (Y)  siswa  sebesar  0,45,    dengan  rhitung>  rtabel   (0,45  > 0,349)  sehingga terdapat hubungan antara Xdengan Y. Koefisien korelasi secara bersama-sama persepsi, motivasi dan konsep diri siswa dengan  prestasi belajar Penjasorkes sebesar 0,719,  untuk taraf kepercayaan 0,05 dan n = 32, dengan rtabe= 0.349 dan rhitung  = 0,719 dapat disimpulkan bahwa rhitung> rtabel  (0,179> 0,349). Sehingga  terdapat  hubungan  persepsi,  motivasi  dan  konsep  diri  siswa  dengan     prestasi  belajar Penjasorkes di Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Tungkob Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Persepsi, Motivasi, Konsep Diri , Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.