Pemasaran Sosial “Vasektomi” Pada Pria

Rudy Kurniawan , S.Th.I., M.Si

Abstract


Salah satu program KB yang sedang digalakkan oleh BKBPPPA
Kota Prabumulih adalah program KB bagi kaum laki-laki. Program KB
untuk kaum laki-laki ini diharapkan dapat membantu dalam menekan angka
kelahiran. Kampanye sosial dalam mensoialisasikan program KB kepada
kaum laki-laki yang dilaksanakan selama inibelum menunjukkan hasil yang
nyata. Permasalahannyaantara lain kurangnya partisipasi khalayak karena
tidaktepatnya strategi yang digunakan. Strategi harusnyadisusun sesuai
dengan kebutuhan dan karakteristiksasaran serta mempertimbangkan
berbagai faktor yangberpengaruh nyata terhadap tingkat partisipasinya.
Untuk meningkatkan akseptor KB pria yang menggunakan MOP maka
BKBPPPA Kota Prabumulih menggunakan strategi personal selling atau
motivator KB untuk mengkampanyekan MOP kepada kaum pria.
Penggunaan strategi ini lebih efektif dan efesien karena motivator dalam
mengkampanyekannya melalui pendekatan persuasif dan sistem multiple
level marketing yaitu sistem reward bagi mereka yang dapat membawa calon
akseptor dan mereka bersedia mau menjadi akseptor MOP. Namun, yang
menjadi kendala adalah pemahaman masyarakat bahwa penggunaan
vasektomi dilarang agama.
Kata Kunci: KB, MOP, vasektomi, motivator KB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.