Kemitraan sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program CSR Batik Cap Pewarna Alami di PT. Semen Gresik Pabrik Tuban

Beti Nur Hayati, S Suparjan

Abstract


The purpose of this study was to describe the benefits obtained by the beneficiaries of the community empowerment “batik cap pewarna alami” CSR PT. Semen Gresik Tuban plant using partnerships as a strategy in the implementation. This study used qualitative research methods. Data was collected by interview and observation on program beneficiaries, NGOs, and the company PT. Semen Gresik Tuban plant. Results from this study is a community empowerment program batik natural dye is a CSR program PT. Semen Gresik Tuban plant in partnership with the Koalisi Perempuan Ronggolawe provides the benefits of increasing the capacity of the members of the program can not make “batik cap pewarna alami” become skilled in “batik cap”. In addition to improving knowledge about design of “batik” and also provide additional equipment as capital to produce “batik cap pewarna alami”.

Keywords : Partnerships, Community Empowerment, Corporate Social Responsibility, PT. Semen Gresik Tuban Plant

 

INTISARI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan manfaat yang diperoleh penerima manfaat  dari program pemberdayaan masyarakat batik cap pewarna alami CSR PT. Semen Gresik pabrik Tuban dengan menggunakan kemitraan sebagai strategi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi pada penerima program, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak perusahaan PT. Semen Gresik pabrik Tuban. Hasil dari penelitian ini adalah program pemberdayaan masyarakat batik cap pewarna alami yang merupakan program CSR PT. Semen Gresik pabrik Tuban yang bermitra dengan Koalisi Perempuan Ronggolawe memberikan manfaat berupa meningkatkan kapasitas anggota program dari yang semula tidak bisa membuat batik cap menjadi memiliki ketrampilan membatik cap. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan mengenai motif batik dan juga memberikan tambahan peralatan sebagai modal untuk memproduksi batik cap pewarna alami.

Kata kunci : Kemitraan, Pemberdayaan Masyarakat, CSR, PT. Semen Gresik Pabrik Tuban

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Presentase Penduduk Miskin Maret 2017. https://www.bps.go.id/ diakses pada 24 November 2017

K. Wong C, Fearon G. Philip, (2007), Understanding egovernment and egovernance: stakeholders, partnerships and CSR, Interna-tional Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 24 Iss 9 pp. 927 943

Niveen Labib Eid Anton Robert Sabella, (2014), A Fresh Approach to Corporate Social Responsibility (CSR): Partner-ships Between Businesses and Non-Profit Sectors, Corporate Governance, Vol. 14 Iss 3 pp. 352 – 362

PT. Semen Gresik pabrik Tuban. 2017. Laporan Evaluasi Program Batik Cap Pewarna Alami. PT. Semen Gresik pabrik Tuban

Ritzer, dan Goodman J. Douglas, .2009. Teori Sosiologi, dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: Kreasi Wacana

Suharto, Edi. 2009. Pekerja Sosial di Dunia Industri Memperkuat CSR. Bandung: Alfabeta

Sulistyani, A. T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Sunartiningsih, A (Ed). 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Muthohar. 2017. Inilah Pro-gram Unggulan CSR Semen Gresik tahun 2017.

http://beritajatim.com diakses pada 24 November 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.