KAJIAN PENYEDIAAN AKSESIBILITAS TROTOAR UNTUK PENYANDANG DIFABEL DI KOTA BANDA ACEH MENURUT PERSEPSI MASYARAKAT (STUDI KASUS: JALAN TGK. DAUD BEUREUEH)

Etty Herawaty, Muhammad Isya, Irin Caisarina

Abstract


Abstract: Transportation is activity that moving people or things from one place to another with facilities. Untilized facilities consist of structure and infrastructure of transportation that can be used by all citizens including disability people. Difable including the elderly, pregnant’s women, children, illness, parents with children and disability persons. Purpose of this study is to identify whether or not complexity of highway (pedestrian, bus stops and
pedestrian bridge) can use easier by the disability, to find out condition and accessibility of highway infrastructure the disability according to citizens. This study analized by direct observation in the study area, distributing questionnaires to determine the perceptions of respondents and key informant interviews. Processing and analized the data was descriptively and questionnaire by likert scale. The results of this study showed that the sidewalk in Tgk. Daud Beureueh street in bad condition for disability people such as the backstop on the pedestrian, bus stops are too high, and pedestrian bridges are very harmful for users. It is also in accordance with the survey results to the citizens, and diffable people expressed the sidewalk facilities function in terms of facility safety, comfort,
human safety, convenience, usability, independence and accessibility of the
disabled path is worse. About sidewalk must be able to accommodate many pedestrian activities by smoothly and safely, and in terms of the feasibility of the physical conditions (materials) can be used by everyone, respondents agreed. But the government were not aware how importance of accessibility on public roads. 

Keywords : Sidewalk , Diffable, Accessibility,Tgk. Daud Beureueh street , Perseption.


Abstrak: Transportasi merupakan kegiatan memindahkan orang/barang dari suatu tempat ke tempat lain dan fasilitas yang digunakan untuk memindahkannya. Fasilitas yang digunakan termasuk sarana dan prasarana transportasi yang fungsinya harus dapat digunakan oleh semua
orang tanpa kecuali penyandang difabel. Difabel termasuk didalamnya lansia, wanita hamil, anak-anak, penderita sakit, orang tua dengan anak dan penyandang disabilitas. Tujuan penelitian, mengidentifikasi  sejauhmana kelengkapan prasarana jalan raya (trotoar) yang mudah digunakan oleh penyandang difabel serta mengetahui kondisi dan alternatif penanganan aksesibilitas prasarana jalan raya terhadap penyandang difabel berdasarkan persepsi masyarakat dan instansi terkait. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, membagikan kuesioner untuk mengetahui persepsi responden dan wawancara kepada para key informant. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriptif, data hasil kuesioner diolah menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trotoar di Jalan Tgk. Daud Beureueh dalam kondisi tidak baik bagi
penyandang difabel seperti banyaknya penghalang pada jalur trotoar yang sangat membahayakan penggunanya. Hal ini juga sesuai dengan hasil survei ke masyarakat umum dan penyandang difabel menyatakan fungsi fasilitas trotoar ditinjau dari keamanan, kenyamanan, keselamatan, kemudahan, kegunaan, kemandirian dan aksesibilitas jalur penyandang cacat sangat tidak baik. Berdasarkan solusi fungsi aksesibilitas trotoar yang ditanyakan kepada responden, mereka menyatakan setuju terkait trotoar yang baik harus dapat menampung setiap kegiatan pejalan kaki dengan lancar dan aman dan fasilitas trotoar dari segi kelayakan kondisi fisik (bahan) dapat digunakan oleh semua orang. Namun pihak pemerintah belum menyadari pentingnya aksesibilitas pada jalan umum.

Kata kunci : Trotoar, Difabel, Aksesibilitas, Jalan Tgk. Daud Beureueh, Persepsi.


Keywords


Trotoar, Difabel, Aksesibilitas, Jalan Tgk. Daud Beureueh, Persepsi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.