KAJIAN NILAI WAKTU PERJALANAN UNTUK MOBIL PENUMPANG (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH)

Nazariani Nazariani, Renni Anggraini, Muhammad Isya

Abstract


Abstract: Travel’s efficiency is the amount of money that had to be prepared alocated in order to economize one unit travel time. Reduction for travel time can change profit large enough. Therefore, it used efficiency approach to convert the profit into money. The observation is on Teuku Umar road Banda Aceh, start from Simpang Gunongan (KM.1+101) to Simpang 3 PU (KM.3+113). The purpose of this study was to evaluate vehicle operation cost (VOC) and value travel’s efficiency for light vehicle on Teuku Umar road. The methods that used to calculate travel’s efficiency is income approach method and running speed approach method. The result show that traffic volume at max for light vehicle (LV) from Simpang Gunongan to Simpang 3 PU direction is 1193 vehicle/hour, heavy vehicle (HV) is 13 vehicle/hour and motor cycle (MC) is 3438 vehicle/hour. The average speed for LV to direction head Simpang 3 PU is 37,09 km/hour. The VOC to LV for direction head Simpang 3 PU is Rp. 5.223/km. The travel’s efficiency that obtain from income approach method for partial population in Banda Aceh city is Rp. 24.018,11/hour/people and Rp. 35.346,74/hour/people to partial population in Aceh Besar regency. From running speed approach method obtain travel’s efficiency  for LV to direction head Simpang 3 PU is Rp. 52.928/vehicle/hour.

Abstrak: Nilai waktu perjalanan adalah jumlah uang yang disiapkan seseorang untuk dibelanjakan agar menghemat satu unit waktu perjalanan. Pengurangan waktu perjalanan dapat mengubah porsi keuntungan yang cukup besar. Oleh karena itu, digunakan pendekatan nilai waktu untuk mengkonversi keuntungan tersebut dalam bentuk uang. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Teuku Umar Banda Aceh yang dimulai dari Simpang Gunongan (KM.1+101) s/d Simpang 3 PU (KM.3+113). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai biaya operasional kendaraan (BOK) untuk mobil penumpang serta mengetahui nilai waktu perjalanan di ruas Jalan Teuku Umar. Metode yang digunakan untuk menghitung nilai waktu perjalanan adalah metode income approach dan running speed approach. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh volume lalu-lintas puncak mobil penumpang (LV) untuk arah menuju Simpang 3 PU sebesar 1193 kend/jam, kendaraan berat (HV) sebesar 13 kend/jam dan sepeda motor (MC) sebesar 3438 kend/jam. Kecepatan rata-rata LV untuk arah menuju Simpang 3 PU diperoleh sebesar 37,09 km/jam. Nilai BOK untuk LV pada arah pengamatan menuju Simpang 3 PU sebesar Rp. 5.223/km. Nilai waktu perjalanan yang diperoleh dengan metode income approach untuk sebagian penduduk di Kota Banda Aceh yaitu Rp. 24.018,11/jam/orang dan Rp. 35.346,74/jam/orang untuk sebagian penduduk yang berdomisili di Kabupaten Aceh Besar. Adapun metode running speed approach menghasilkan nilai waktu perjalanan LV untuk arah menuju Simpang 3 PU sebesar Rp. 52.928/kend/jam.


Keywords


nilai waktu perjalanan; running speed approach; income approach; kecepatan; BOK.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.