Analisis Keterbacaan Wacana Eksposisi pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X

Eka Fitriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterbacaan wacana eksposisi pada buku teks bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas X. Metode yang digunakan adalah Metode deskriptif analitik. Sampel penelitian ini terdiri dari 19 siswa SMA Negeri 1 Indra Jaya, Aceh Jaya. Sumber data penelitian ini adalah buku teks kelas X penerbit PT Tiga Serangkai. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian, yaitu instrumen tes dengan teknik cloze. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterbacaan wacana eksposisi pada buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X rendah atau gagal/frustrasi. Frustrasi itu dilihat dari pemahaman wacana eksposisi 1 sebesar 50% pada tingkatan intruksional, wacana eksposisi 2 sebesar 66% pada tingktan independen, wacana eksposisi 3 sebesar 26% pada tingkatan gagal/ frustasi, wacana eksposisi 4 sebesar 32% pada tingkatan gagal/frustasi, dan wacana eksposisi 5 sebesar 27% pada tingkatan gagal/frustasi. Wacana yang tepat merupakan wacana yang sesuai dengan pembaca, yaitu tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.