Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Contextual Teaching And Learning pada SMP Negeri 1 Kota Lhokseumawe

Nurul Hayati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe adalah kelas yang sudah menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis teks deskripsi kelas VIII di SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis tek deskripsi kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penulis turun langsung di lokasi penelitian untuk memperoleh informasi terkait penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan Kepala Sekolah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses analisis peneliti menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis teks deskripsi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lhokseumawe terdapat beberapa kegiatan diantaranya tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan adalah persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran, yaitu mempersiapkan bahan ajar, membuat RPP, menentukan media pembelajaran, dan membuat instrumen evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi komponen pendekatan Contextual Teaching and Learning yakni: konstruktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan melakukan evaluasi dengan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukan implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis teks deskripsi kelas VIII di SMP Negeri 1 Lhokseumawe secara umum telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran (CTL).


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Teuku. 2007. Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Arends, Richard I. 2008.LeraningTo Teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi Ketujuh Buku Dua. (Alih Bahasa: Drs. Helly Prajitno Soetjipto, M.A dan Dra. Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles dan Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Novalita, Rahmi. 2014. LENTERA, Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi; Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian Terhadap Pelaksanaan Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Aceh: LPPM Universitas Almuslim.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Sri. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama

Zahriyanti. 2014. LENTERA Vol. 14 No. 1, Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi; Sistem Penilaian Berstandar Nasional dalam Pendidikan. Aceh: LPPM Universitas Almuslim.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.