Ekranisasi Novel Assalamualaikum Beijing ke dalam Film Assalamualaikum Beijing

Yenni Armiati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Ekranisasi Novel Assalamualaikum Beijing ke dalam film Assalamualaikum Beijing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penciutan dan penambahan pada tokoh, alur, dan latar dari novel ke film. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel karya Asma Nadia dan film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi.Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi dengan menganalisis novel dan film.Dilihat dari segi penelitian menunjukkan bahwa (1)pada novel Assalamualaikum Beijing tidak disebutkan tokoh pak Danil, paman Zhongween dan istrinya. Film terjadinya pengurangan tokoh Bayu, (2) pada alur tahap awal novel dan film terjadinya perbedaan alur pembuka, novel menggunakan alur campuran, sedangkan film menggunakan alur maju, alur  dan pada tahap akhir cerita menunjukkan bahwa terjadinya beberapa pengurangan adegan pada film, (3) pada novel tidak mengalami pengurangan maupun penambahan latar waktu, tempat, dan sosial sedangkan pada film terjadi pengurangan latar tempat yaitu, Borobudur, halte, dan kampus tidak ditampilkan di dalam film. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengurangan dan penambahan yang terjadi antara novel dan film Assalamualaikum Beijing.


Full Text:

PDF

References


Aminuddin (Ed). 2009. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra.Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Jabrohim. 2014. Sebuah Tijauan Stilistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahanani, Bangkit Setia. 2013. “Kajian Transformasi dari Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata ke Film Laskar Pelangi Karya Riri Riza”. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni universistas Negeri Yogyakarta.

Malinda, Reslyana. 2013. “Transformasi Novel Pintu Terlarang Karya Sekar Ayu Asmara ke dalam Film”. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia: Fakultas Pendidikan dan Seni.

Nadia, Asma. 2014. Assalamualaikum Beijing. Depok: Publishing House.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Darussalam: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Sarwo. 2014. Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kuha. 2006. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sangiduwan. 2013. Penelitian Sastra Pendekatan Teori, Metode, Teknik, Kita. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Siswanto, Wahyudi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Graindo Jakarta.

. 2014. Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiman, Patuni. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.