PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA

Lisa Fiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanan, dan penilaian yang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks pada kelas X di SMA Negeri 1 Lhoknga yang dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, deskripsi, dan analisis data. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Lhoknga. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data yang dikumpulkan, yakni lembaran observasi dan RPP guru, hasil wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada RPP buatan guru yang masih ada komponen yang tidak tertera, yaitu indikator pencapaian kompetensi. Sementara itu, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks oleh guru di kelas belum sepenuhnya sesuai kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada saat proses PBM, yaitu guru belum mampu menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan yang ada dalam RPP. Evaluasi yang dilakukan guru dalam kelas belum sepenuhnya sesuai dilaksanakan. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang guru lakukan hanya pada penilaian pengetahuan.

 


References


Afifah. 2012.Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di kelas X SMANegeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan.

Arifin, Imron. 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Jakarta: Kalimasuhada Press.

Alwi, Hasan. 1995. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dalman. 2012. Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas II.Yogyakarta: Laporan Penelitian FIP-UNY.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud.1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

----------. 1999.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hadi, Sutrisno. 1998.Metodologi Research. Cet. III. Jakarta: Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

----------. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandarwassid, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Kasiram, Moh. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Sukses Offset.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

----------. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014.Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kosasih, E. 2003.Kompetensi Ketatabahasaan dan Sastra Indonesia.Bandung: Utama Wijaya.

----------. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK; Analisis Fungsi, Struktur, Kaidah serta Langkah-langkah Penelitiannya. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Marzuki. 2001. Metode Riset. Yogyakarta: Bpfe-Uui.

Nasir, Moh. 1996. Metode Penelitian. Jakarta: Graminda Indonesia.

Nasution, S.1998. Metode Penelitian Naturalistik, Bandung: Tarsito.

Prihatin, Eka. 2008. Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: Alfabeta.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto.2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah.2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sajaya, W. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

----------. 2010.Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 1999. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Surachmad, Winarno. 1982.Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24173/mb.v9i2.22175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MASTER BAHASA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)

ISSN 2337-4462  (print) | ISSN 2655-0040 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/mb
Email     : mpbsippsunsyiah@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.