PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA

Andita Putri Surya, Stefanus C Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


This research was conducted to improve learning result and creativity of third grade students of SD NegeriSidorejoLor 01 Salatiga in the third semester in Theme 6 Subtema 2 and 3 by applying the Learning Based Learning (PjBL) model. This study is a classroom action research (PTK) consisting of two cycles. Each cycle consists of two meetings, each of which consists of action planning, action implementation, observation and reflection and 1 evaluation meeting. Data obtained in this study were obtained from observation, document study, test. Data analysis technique used is descriptive quantitative and qualitative. The results showed that the application of learning model of Project Based Learning (PjBL) can improve student learning outcomes and creativity of third grstudents at SD NegeriSidorejoLor 01 Salatiga. At the pre cycle cycle percentage of student learning 46% and then increased in the first cycle as much as 72% and increased again to 92% in cycle II. While the creativity of students in the pre cycle of 29% increased to 51% in the first cycle of meeting 2 and increased to 90% in the second cycle of meeting 2.

 


Keywords


PTK, Project Based Learning, PJBL, Hasil Belajar Siswa, Kreatifitas Siswa

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Pendidikan.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 19 Tentang Kurikulum.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Nasional

Adnyawati, N. D. M. S. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1).

Anita Titu, M. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KONSEP MASALAH EKONOMI. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA". Fakultas Ekonomi UNY.

Hardini, A. T. A., & Akmal, A. (2017). PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA, 3(1), 233-245.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1).

Marisi, A. K. (2007). Efektivitas Model Pengukuran Kreativitas dalam Pembelajaran Hemisphere Kanas (HK) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2).

Marlinda NL. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terh Nurohman S. Pendekatan project based learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika. Tersedia: http://staff. uny. ac. id [20 Oktober 2015]. 2007.adap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia., 2(2).

Munawaroh A, Christijanti W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Journal of Biology Education. May 29;2(1).

Munawaroh R, Subali B, Sopyan A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswasmp. Upej Unnes Physics Education Journal. ,1(1).

Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35-48.

Nurohman, S. (2007). Pendekatan project based learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika. Tersedia: http://staff. uny. ac. id [20 Oktober 2015].

Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.

Rochmah, F. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DI SD. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 27(2).

Rohana Rs. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. InProsiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Aug 6.

Siswono, T. Y. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, (1), 1-9.

Slameto NA. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Gambar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret.;4(2).

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. In Slameto, Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan (p. 198). Salatiga: Satya Wacana University Press.

Susanti, E. (2008). pendekatam project based learning untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi koloid. FMIPA Unimed Medan.

Tandilling E. (2012). Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik, pemahaman matematik, dan selfregulated learning siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2012 Apr;13(1):24-31.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Yance, R. D. (2013). Pengaruh penerapan model project based learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.