KENDALA GURU DALAM MELAKUKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUGUS DELIMA BANDA ACEH

Mahmud ,

Abstract


Penelitian ini berjudul “ Kendala Guru Dalam Melakukan Penilaian Pada Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Gugus Delima Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kendala yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian pada proses pembelajaran kurikulum 2013 dan bagaimanakah guru dalam melakukan penilaian pada proses pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian dan untuk mengetahui guru dalam melakukan penilaian tersebut sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Gugus Delima Banda Aceh dengan jenis penelitian deskriptif, subjek penelitian adalah 19 orang guru Gugus Delima Banda Aceh dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data yaitu dengan mereduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil wawancara dengan sembilan belas orang guru Gugus Delima Banda Aceh, semua guru mengalami kendala dalam melakukan penilaian, khususnya pada penilaian aspek sikap yang di anggap sangat rumit. Terdapat enam orang guru yang sudah sesuai menjalankan penilaian kurikulum 2013, sedangkan tiga belas orang guru lagi mengatakan belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Kesimpulan penelitian ini adalah sangat banyak kendala yang dialami oleh guru-guru Sekolah Dasar Gugus Delima Banda Aceh, sehingga fokus perhatian guru terhadap anak didik menjadi berkurang.


Keywords


Kendala Guru, Penilaian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.