PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA KERANGKA MANUSIA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

Humaira ,, Sardinah ,, M. Nasir M. Nasir Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kelas IV pada materi kerangka manusia melalui penggunaan media kerangka manusia dan media gambar di SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling yang terdiri atas dua kelas yaitu; kelas IV-A yang berjumlah 29 orang dan kelas IV-B yang berjumlah 27 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus t-hitung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan dengan menggunakan media kerangka manusia dan media gambar. Nilai rata-rata siswa kelas IV-A yang diajarkan dengan menggunakan media kerangka manusia sebesar  81,41 dan nilai rata-rata siswa kelas IV-B yang diajarkan dengan menggunakan media gambar yaitu 75,09. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan nilai thitung = 2,2 dan ttabel = 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dan menyimpulkan bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima yaitu “terdapat perbedaan hasil belajar pada materi kerangka manusia antara siswa kelas IV yang diajarkan melalui media kerangka manusia dan media gambar di SDN Lampeuneurut Aceh Besar”.


Keywords


Media kerangka manusia, Media gambar, dan Hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.