UNSUR PENTING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK

M. YAMIN

Abstract


Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai unsur-unsur  signifikan apa saja yang mendukung pembelajaran bahasa inggris pada anak.Pemakaian materi otentik (authentic-materials) akan sangat membantu pembelajaran, terutama bagi anak yang belum mengenal bahasa target sama sekali. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode yang menerapkan penggunaan budaya bahasa itu sendiri. Mengajar bahasa inggris pada anak membutuhkan cara dan metode khusus. Dengan menggunakan pendekatan komunikatif-integratif, kegiatan pelajaran pada anak akan memberikan pendekatan yang komplit yakni membaca, mendengar, dan menulis. Hal ini berarti beberapa jenis kegiatan diintegrasikan dalam sebuah kegiatan membaca. Pada dasarnya pelajaran membaca itu sendiri dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap prabacaan, bacaan, dan pascabacaan.

Untuk mencapai sasaran pembelajaran bahasa inggris pada anak, Pengajar dituntut untuk terus memberikan motivasi pada anak dan lebih kreatif dalam mengembangkan bahan ajarnya,  lebih terstruktur dalam  mempersiapkan kegiatan pembelajaran di kelas, lebih optimal dalam memotivasi pembelajar, dan lebih memperhatikan setiap kesulitan maupun keberhasilan pembelajar.


Keywords


Pemakaian materi otentik, budaya bahasa, pendekatan komunikatif-integratif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.