PELAYANAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI ERA GLOBAL DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK SECARA MAKSIMAL

Nurhaidah ,, M. Insya Musa

Abstract


Salah satu problem mendasar yang dihadapi bangsa Indonesia selama ini adalah lemahnya moralitas kolektif sebagai refleksi kegagalan pendidikan nasional. Hal ini -antara lain- sebagai dampak sistemik pendidikan yang abai terhadap dimensi karakter (watak) sebagai modal vital daya saing SDM di kancah global. Karena itu agenda reformasi pendidikan yang komprehensif-integratif merupakan keniscayaan atas kegagalan pendidikan dalam menghasilkan SDM yang berkualitas dan bermartabat. Permasalahannya adalah apakah Pelayanan Pendidikan Yang Berkualitas Dapat Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Maksimal ? Tujuannya adalah untuk mengetahui Pelayanan Pendidikan Yang Berkualitas dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Maksimal . Karya ilmiah ini menggunaakan metode library recearch dengan pendekatan deskriptif Pendidikan karakter dalam konteks ini adalah suatu system penanaman nilai-nilai karakte (watak) kepada warga sekolah yangmeliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Untuk itu, semua kompone(stakeholders) harus dilibatkan dalam ‘proyek bersama’ ini secara sinergis sehingga pendidikan karakter ini akan membawa peserta didik ke arah pengenalan nilai-nilai unggul, tidak saja secara kognisi, tetap  juga penghayatan sekaligus pengamalan nilai-nilai tersebut secara nyata menuju terciptanya generasi bermartabat. Kata Kunci: Pendidikan watak (karakter), Pembangunan SDM, Era global, Indonesia bermartabat Bangsa Indonesia dewasa ini sedang mengalami patologi sosial yang kronis. Sebagian masyarakatnya tercerabut dari peradaban ketimuran yang terkenal dengan wataknya yang santun, toleran, bermoral, dan beragama (Dimyati dkk.., 2008). Oleh karenanya, pengembangan SDM dan peningkatan kualitas SDM khususnya dalam bidang mental, moral, dan spiritual harus dilaksanakan secara sinergis dan optimal.  Salah satu pengembangan mental dan moral adalah dengan memberikan pendidikan karakter atau pendidikan watak. Pendidikan karakter (character building) juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas moral SDM sehingga tercapai keseimbangan.


Keywords


pelayanan pendidikan, berkualitas, potensi peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.