Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di SMAN 5 Banda Aceh

Intan Putriana, Yusrizal ., Adi Rahwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan penguasaan konsep pada materi Fluida Dinamis SMA setelah diterapkan Model Pembelajaran Advance Organizer. Mengetahui sejauhmana peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis siswa SMA setelah memperoleh pembelajaran Advance Organizer pada materi fluida dinamis. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research), dengan One group pretest postest design . Sampel yang dipilih cluter random sampling yaitu  siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh kelas X-IA3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model Advace Organizer dan kelas X-IA4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis dan kreatif kelas eksperimen 0,3 berkategori sedang tetapi untuk nilai rata-rata N-gain kelas kontrol -0,01 berkategori rendah. Secara deskriptif bahwa pemahaman konsep siswa menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Advance Organizer dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa dibandingkan metode konvensional. Selain itu, aktivitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran mencerminkan terlaksananya pembelajaran dengan baik dan siswa memberikan respon yang positif, dimana pembelajaran yang dilaksanakan dapat lebih meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.