Efektivitas Pembelajaran e-learning Berbasis Goesmart terhadap Pemahaman Membaca dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Pondok Pesantren Modern Daar El-Qolam Belaraja Kabupaten Tangerang

Masrupi .

Abstract


Penelitian ini menyangkut pembelajaran e-learning dengan menggunakan media social Goesmart yang dilaksanakan untuk menjawab “Apakah pembelajaran e-learning berbasis goesmart efektif terhadap peningkatan Pemahaman Membaca dan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi software pengolah audio pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XI di SMA Pondok Pesantren Modern Daar El-Qolam Balaraja Kabupaten Tangerang”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one-group pretest posttest design menggunakan satu kelas kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda dan angket dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Podok Pesantren Modern Daar El-Qolam Balaraja Kabupaten Tangerang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran e-learning berbasis Goesmart efektif terhadap Pemahaman Membaca dan peningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XISMA Pondok Pesantren Modern Daar El-Qolam Cabang Gontro Balaraja Kabupaten Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan menggunakan media e-learning Goesmart pada mata pelajaran Bahasa Inggris, mengingat fasilitas lingkungan sekolah dan siswa yang mendukung dan produk pengembangan media e-learning Goesmart dapat dijadikan sebagai patokan dalam pengembangan media pembelajaran berikutnya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.