Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education

Ahmad Fauzan, Oci Yulina Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan alur belajar (learning trajectory) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif  untuk pembelajaran topik Pecahan di kelas IV sekolah dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian disain (design research), yang dicirikan oleh suatu proses siklis dari preparing for the experiment, conducting the experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini difokuskan untuk merancang alur belajar, memvalidasinya, dan kemudian mengujicobakannya secara one-to-one dan pada kelompok kecil. Alur belajar yang telah direvisi selanjutnya diimplementasikan di kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, daftar cheklist, video taping, analisis hasil kerja siswa, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.  Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dihasilkan alur belajar Pecahan untuk Kelas IV SD yang valid dari segi state of the art RME, isi, dan konstruksi. Dalam implementasinya, alur belajar yang dirancang dapat bekerja sesuai dengan yang dihipotesiskan, sehingga siswa dapat menemukan kembali konsep-konsep dalam topik Pecahan melalui proses-proses horizontal dan vertikal matematisasi. Alur belajar yang dihasilkan juga efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.