Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan Siswa SD

Asnawi ., T. M. Jamil, Ronald Fransyaigu, Bunga Mulyahati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 5 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 5 Langsa. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD kelas IV sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang pendekatan saintifik diukur dari desain pembelajaran yang dibuat sudah menggambarkan pendekatan saintifik. Proses pembelajaran menerapkan langkah pendekatan saintifik yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, sampai mengkomunikasikan tetapi tidak semuanya terkait dengan substansi materi mata pelajaran PKn. Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PKn sudah memperlihatkan dampak yang cukup positif pada beberapa aspek keterampilan kewarganegaraan siswa terutama pada aspek keterampilan menjawab, bertanya, berdiskusi, dan berpartisipasi aktif. Faktor penghambat implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran PKn adalah terkait dengan mempersiapkan kelengkapan pembelajaran yang relatif lebih lama, serta kendala dalam mengendalikan antusiasme belajar siswa. Faktor penghambat tersebut diminimalisir dengan ketersedian sarana dan prasarana yang memadai, sharing antar guru, serta kepemimpinan dan kebijakan kepala sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.