Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik melalui Certainty of Response Index

Yunita .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi adakah miskonsepsi konsep listrik dinamis pada mahasiswa calon guru fisika UNIMUS serta untuk mengungkapkan bentuk-bentuk miskonsepsi mahasiswa tentang kelistrikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan dekriptif, sampel ditentukan secara purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah tes diagnostic dengan bantuan Certainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami mahasiswa terdapat pada semua konsep listrik dinamis yang diteliti. Persentase mahasiswa pada setiap kategori adalah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 50.87%, mahasiswa yang kurang paham konsep sebesar 29.52%, mahasiswa yang menebak sebesar 13.97% dan mahasiswa yang paham konsep sebesar 5.56%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.