Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada MAN Beureunuen Kabupaten Pidie

Habsah ., Cut Zahri Harun, Nasir Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan yang dihadapi kepala MAN Beureunuen Kabupaten Pidie. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala madrasah, wakil kepala, guru, dan pengawas. Data dianalisis dengan cara: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru pada MAN Beureunuen Kabupaten Pidie disusun setiap awal tahun pelajaran oleh tim pengembang madrasah. Evaluasi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru dilaksanakan pada setiap akhir semester melalui penilaian kinerja guru yang dijabarkan dalam SKP. Hasil evaluasi dijadikan sebagai tindak lanjut dalam menentukan program lanjutan dan disampaikan kepada guru secara individual dan secara umum melalui rapat. Hambatan yang dihadapi kepala madrasah antara lain masih rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM), kurangnya kesadaran guru dalam menegakkan kedisiplinan, dan rendahnya disiplin baik guru maupun peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.