Pengaruh Model Pembelajaran dan Potensi Akademik terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Negeri Jurusan Akuntansi

Weny Nurwendari, Harun Sitompul, Muchtar ., T.M. Jamil, Ulfa Nurhayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, (2) mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Potensi Akademik tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Potensi Akademik rendah (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan Potensi Akademik terhadap hasil belajar Akuntansi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMKN Jurusan Akuntansi Kota Medan sebanyak 8 kelas dengan jumlah 303 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling berjumlah 78 siswa, terdiri dari 40 siswa kelas X-AKT3 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan 38 siswa kelas X-AKT2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas 0,9131 sedangkan untuk menjaring data Potensi Akademik dilakukan oleh psikolog, untuk menentukan siswa yang memiliki Potensi Akademik tinggi dan rendah. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian, (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving=23,00 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning=21,24 dengan Fhitung=5,82>Ftabel=3,97 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan potensi akademik tinggi=22,93 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan potensi akademik rendah=21,42 dengan Fhitung=3,98>Ftabel = 3,97 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi dengan Fhitung=13,55>Ftabel=3,97.

Hasil dari analisis data bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki potensi akademik tinggi adalah model pembelajaran Creative Problem Solving sedangkan siswa dengan potensi akademik rendah, model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.